Antusiasme Masyarakat Menuju Indonesia 4.0

2020-01-07T07:20:06+00:00January 7th, 2020|Tags: |0 Comments
Kepadatan pengunjung pameran INDI 4.0 di Booth Syntek

Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI 4.0) merupakan indikator yang keluarkan oleh pemerintah guna menilai tingkat kesiapan industri di Indonesia dalam menerapkan teknologi era industri 4.0.

Terdapat lima pilar yang akan diukur di dalam INDI 4.0, yaitu manajemen dan organisasi (management and organization), orang dan budaya (people and culture), produk dan layanan (product and services), teknologi (technology), serta operasi pabrik (factory operation). Dari lima pilar tersebut, dirinci lagi menjadi 17 bidang.

Indikator Penilaian INDI 4.0, Sumber: Panitia Penyelenggara

5-6 April 2019, Syntek Energy & Control berpartisipasi dalam acara INDI 4.0 ‘Menuju Indonesia 4.0’ yang diadakan oleh Kementrian Perindustrian Republik Indonesia dan Asosiasi Cloud Computing Indonesia. Acara ini dilaksanakan di Nusantara Hall, ICE BSD Tangerang.

Acara INDI 4.0 terdiri dari Peluncuran INDI 4.0 itu sendiri, Konferensi, dan Penghargaan. Penghargaan diberikan kepada beberapa pemain industri digital yang sedang menuju atau telah mengimplementasikan era industry 4.0 dalam proses produksinya. Perusahaan dinilai berdasarkan framework INDI 4.0.

Pada pameran tersebut, Syntek memamerkan PLC-IOT Gateway, sebuah alat yang mampu menyimpan, memproses dan mengatur serta mengontrol data sehingga menghasilkan output sesuai kebutuhan pengguna. Data yang diinput misalnya saja adalah daya, arus, tegangan, dan pembangkit listrik tenaga surya. Syntek juga dapat menampilkan hasil data yang yang dikumpulkan menggunakan web-based monitoring & analytical dashboard.

Selain Syntek, exhibitor beberapa perusahaan ternama seperti ABB, Schneider, dan Siemens juga turut berpartisipasi untuk meramaikan INDI 4.0. Dengan peluncuran INDI 4.0, diharapkan industri di Indonesia bisa tumbuh lebih kuat dan berdaya saing global di era digital.

WhatsApp chat